Rabu, 29 Agustus 2018

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Baiklah teman-teman disini saya akan menceritakan sejarah singkat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya UMM merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tanggal 19 Juni 1963.
Pada waktu itu, UMM mempunyai tiga fakultas, yaitu (1) Fakultas Ekonomi, (2) Fakultas Hukum, dan (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. Ketiga fakultas ini mendapat status Terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 1966 dengan Surat Keputusan Nomor 68/B-Swt/p/1966 tertanggal 30 Desember 1966.
Pada rentang tiga puluh tahun perjalanan UMM ini (1964- 1994), perkembangan yang paling berarti dimulai pada tahun 1983-an. Sejak saat itu dan seterusnya UMM mencatat perkembangan yang sangat mengesankan, baik dalam bidang peningkatan status Jurusan, dalam pembenahan administrasi, penambahan sarana dan fasilitas kampus, maupun penambahan dan peningkatan kualitas tenaga pengelolanya (administrasi dan akademik).  Tahun 2009, UMM menggabungkan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan menjadi Fakultas Pertanian dan Peternakan agar sesuai dengan konsorsium Ilmu-ilmu Pertanian. Dalam bidang sarana fisik dan fasilitas akademik, kini telah tersedia tiga buah kampus: Kampus I di Jalan Bandung No. 1, Kampus II di Jalan Bendungan Sutami No. 188a, dan Kampus III (Kampus Terpadu) di Jalan Raya Tlogo Mas.
Kalau aku baca-baca di internet, UMM termasuk 10 besar Universitas Swasta terbaik SEINDONESIA loh teman-teman. Sumpah bangga banget jadi mahasiswa UMM. Hal itu dapan di raih karena UMM sangat menjaga mutu dan kualitas staf-staf lainnya yang terkait. Dengan terjaganya kualitas tadi, UMM memiliki sebuah ciri khas yang hanya di miliki oleh UMM. Yaitu menghasilkan lulusan-lulusan yang siap dalam menghadapi kerasnya kehidupan berkarir dan mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kontribusi bagi kemajuan dan perkembangan bangsa indonesia.
Nah segitu aja ya teman-teman.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALEMBANG

SEJARAH SINGKAT KOTA PALEMBANG     Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia berumur setidaknya 1382 tahun jika berdasarkan pra...